GAYA HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH

Hidup Cuma sekali, karenanya jangan sia-siakan hidup dengan hanya sering sakit. Jika sudah sering sakit, apa yang dinikmati dari hidup, beribadah saja akan sulit. Apa penyebabnya? Ternyata makanan instan itu memang enak, tetapi memiliki efek samping yang membahayakan. Gaya hidup modern memakan fast food, sering makan mie instan dan segala yang instan, ternyata dampak yang buruk bagi yang mengkomsumsi. Penyakit kolesterol, kanker, penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan stroke dan serangan jantung adalah akibat dari gaya hidup diatas. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dr. zaidul akbar dalam bukunya, hidup sehat ala rasulullah, gaya hidup seperti ini tidak baik untuk dilanjutkan. Meski zaman sudah modern, jika bahan-bahan alami ada yang bisa mengobati tanpa efek samping sebaiknya dipakai saja. Lalu, tinggalkan obat-obat kimiawi.

Sebanarnya ada banyak gaya hidup sehat rasulullah saw, diantaranya tentang makan dan minum. Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang, tidak meniup makanan dan minuman, minum seteguk demi seteguk, makan makanan yang halal dan thayyib, memakani obat herbal.

Selain itu gaya hidup sehat rasulullah saw yang mengangkat hablumminallah ada tahajud yang  ternyata meningkatkan daya tahan tubuh, otak dan organ tubuh lainnya, serta puasa senin-kamis.

Tak lupa juga rasulullah tidak tidur setelah subuh, waktu sore hari setelah ashar, dan sebelum shalat isya’.

Selain hablumminallah, ternyata gaya hidup hablumminannas rasulullah juga menyehatkan. Seperti, memaafkan orang yang menyakiti, bersedekah, menahan amarah, dan menghindari iri dan dengki.

Sumber : Majalah Donatur Yatim Mandiri Juli 2016/Ramadhan-Syawal 1437 H/Hal 24

Leave a Reply