DREAM

Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Allah SWT telah menurunkan manusia ke muka bumi ini untuk saling tolong menolong kepada sesama. Hal yang dilakukan adalah tentunya dengan turut berkontribusi untuk menjadi pribadi muslim yang bisa bersinergi kepada masyarakat. Semua itu dapat dilaksanakan jika kita bisa berhasil memperjuangkan mimpi-mimpi kita untuk membantu sesama.

Perlu diingat jika sejatinya, Allah SWT menciptakan manusia, selain untuk menyembah-Nya, juga menyuruh untuk berbuat baik kepada sesama. Segala yang telah Allah SWT titipkan atas karunia yang telah diberikan oleh-Nya merupakan sebuah anugerah yang patut disyukuri. Dengan demikian, maka manusia juga turut membagi kebahagiaan yang dimiliki kepada yang lainnya. Itu merupakan yang akan perbuatan yang mulia, yang akan membawa berkah tersendiri untuk kita.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sesama. Turut berjuang sepenuh hati dan sekuat tenaga untuk meringankan beban orang lain,  merupakan sebuah tindakan yang mulia. Lantas, dengan apa kita bisa melakukan semua itu? Hal tersebut dapat terlaksana, bila kita menemukan kesuksesan dari diri. Dengan demikian, maka kita akan menjadi manusia bermanfaat yang bisa turut berkontribusi kepada masyarakat.

Butuh Perjuangan dan Proses

Untuk mewujudkan mimpi atau keinginan kita, maka semuanya dibutuhkan perjuangkan dan proses Tak bisa hanya sekedar bermimpi, tapi juga harus berani aksi untuk menjadikannya kenyataan. Segala sesuatu yang menjadi impian, tentunya memiliki perjuangan dalam tiap tahapnya yang harus dijalani. Di sini, manusia dituntut untuk dapat memainkan perannya saat sukses nanti, yakni bisa membantu sesama.

Terus bersemangat dalam menebar kebaikan, merupakan salah satu dari hasil yang dapat diperoleh di saat kita telah berhasil meraih mimpi yang kita inginkan. Jangan pernah patah semangat dalam mencapai semua impian. Karena, jika kita terus semangat untuk mencapai sebuah keinginan yang bisa berdampak baik kepada orang banyak, maka Allah SWT akan memberikan jalan serta kemudahan untuk mencapainya.

Sejatinya, tujuan hidup manusia adalah untuk mati. Maka dari itu, Allah SWT memberikan kesempatan kepada manusia untuk memperbanyak amal kebaikan selama di dunia untuk bekal di akhirat nanti. Maka dari itu, selama kesempatan untuk hidup di bumi Allah SWT ini masih ada, maka manusia harus terus berusaha sebaik mungkin untuk memanfaatkannya. Yakni dengan menebar kebaikan dengan membantu sesama. Menolong mereka yang sedang membutuhkan pertolongan.

Maka dari itu, kita harus bisa memposisikan diri menjadi seorang pribadi muslim yang tak hanya bahagia di dunia, tapi juga di akhirat. Bagaimana caranya? Dengan cara yang sederhana, sedapat mungkin menjadi manusia yang berguna. Manusia yang kaya, baik kaya sikap, kaya ilmu pengetahuan, kaya sikap, kaya materi. Yang menjadi tantangannya adalah, mampukah kita melakukan semua itu?

Tak perlu takut dalam meraih impian, karena pada dasarnya, Allah SWT akan menolong hamba-hamba-Nya yang mau berusaha serta berdoa hanya kepada-Nya. Terlebih jika dari diniatkan untuk membantu sesama,  maka Allah SWT akan memberikan kelancaran. Semua tergantung niat, karena niat yang baik akan mendatangkan kebaikan pula. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT petnah berfirman, “Allah SWT membantu dan menolong orang-orang yang bertaqwa dan berbuat baik,” (QS. An-Nahl: 128).

Berjuang meraih mimpi untuk membantu sesama, merupakan hal yang harus dilakukan. Sedapat mungkin, dari keinginan serta harapan yang ingin dicapai, kelaknya bisa bermanfaat bagi oranglain. Melakoni peran yang telah dimainkan sebaik mungkin, yakni menjadi pribadi muslim yang senantiasa peka terhadap lingkungan serta keadaan di sekitar. Apapun yang menjadi keinginan, harus diperjuangkan untuk kebaikan bersama.

Misalnya saja, jika kita menginginkan menjadi seorang pengusaha, maka kita harus bisa berjuang untuk mewujudkan impian tersebut. Di samping itu, niatkan untuk membantu sesama. Karena, dengan kita bisa mewujudkan impian untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, kita bisa menghasilkan produk yang bermanfaat untuk orang banyak. Selain itu, kita bisa membuka lowongan pekerjaan kepada mereka yang membutuhkan. Dengan mengembangkan usaha lebih baik lagi, kita juga bisa menyisihkan sebagian rezeki kita untuk membantu sesama. Menebarkan kebaikan dari hasil kerja keras serta usaha yang telah dicapai.

Tak ada yang salah dengan impian, karena dengan impian itulah, manusia bisa terpacu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.Tak perlu takut akan kegagalan, teruslah bersikap optimis dan bersemangat dalam meraih tiap impian. Karena sukses hanya akan diberikan kepada orang-orang yang senantiasa pantang menyerah berusaha serta mereka yang dekat dan cinta kepada Allah SWT.

Sebagai seorang muslim, patutnya kita bisa memiliki mimpi. Tak hanya sekedar bermimpi semata, maka aksi adalah cara untuk mewujudkannya menjadi realitas yang sebenarnya. Dari impian yang ingin dicapai, apapun itu, sedapat mungkin bisa bermanfaat kepada masyarakat luas. Perlu diingat, jika sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan dengan ikhlas, maka Allah SWT akan membalasnya berkali-kali lipat. Insya Allah.

(Sumber: Sahabat Mandiri dan Peduli Edisi 02 Februari 2015/Hal 6-7)

Leave a Reply